Kedaulatan Rakyat

images.jpgIndonesia adalah negara yang berdaulat, daulat artinya kekuasaan, atau biasa juga diartikan sebagai pemerintahan. Sedangakan berdaulat artinya mempunyai kekuasaan tertinggi atas suatu pemerintahan negara. Jadi, apabila dikatakan bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat, artinya rakyat Indonesia sendiri yang mempunyai kekuasaan tertinggi untuk menentukan perjalanan negara Indonesia.

Dahulu kala, Indonesia berada di bawah penjajahan negara lain. Portugal dan Belanda pernah saling memperubutkan wilayah Nusantara untuk dijadikan daerah jajahan; demikian pula Inggris, dan terakhir Jepang.

Selama Indonesia berada di bawah penjajahan, segala urusan pemerintahan sepenuhnya berada di tangan kolonial. Rakyat Indonesia sama sekali tidak mempunyai hak untuk mengatur kehidupan sendiri. Artinya, Indonesia tidak berdaulat atas dirinya sendiri.

Pihak penjajah mengusai hampir seluruh tatanan kehidupan masyarakat Nusantara. Kemerdekaan megeluarkan pendapat, hak berserikat dan berkumpul, hak untuk memperoleh pendidikan maupun hak untuk berusaha di bidang ekonomi dibatasi. Bahkan masyarakat dikelompokkan berdasarkan tatanan yang diatur oleh pihak penjajah. Rakyat jelata yang merupakan bagian terbesar dari penduduk Nusantara ditempatkan sebagai golongan masyarakat paling bawah. Sedangkan pihak penjajah menempati golongan yang paling tinggi.

Namun demikian, rakyat Nusantara tidak ingin hidup di bawah penjajahan. Berbagai bentuk perlawanan terhadap penjajah pernah diupayakan oleh para pejuang. Dari perjuangan fisik dengan mengangkat senjata hingga diplomasi di meja perundingan.

Perjuangan bangsa Indonesia akhirnya mencapai keberhasilan. Atas berkat Rahmat Allah yang Maha Kuasa, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Sejak saat itu bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat. Mulai saat itu bansa Indonesia bebas dari belenggu penjajahan dan berhak untuk mengatur pemerintahannya sendiri.

2 Responses to “Kedaulatan Rakyat”

  1. Apabila kita melihat tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia atas dasar perjuangan rakyat. Rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah karena atas dasar kesadaran berbangsa dan bertanahair. Sudah sepatutnya rakyat pula yang mengisi kemerdekaan melalui wakil-wakilnya yang duduk di DPR dan DPD, DPRD I dan DPRD II. Wakil rakyat hendaknya tidak mengingkari kepercayaan rakyat Indonesia untuk menyuarakan rakyat. Oleh karena itu, tindakan partai politik yang salah ketika mencekal seorang anggotanya yang tidak sejalan dengan kebijakan partai politik tetapi memilih aspirasi rakyat yang mereka wakili.

  2. yang penting gue isi ya vin. yg penting tmbh 1 commentnya. yang penting gue udh kasi comment. yang penting hits lo nambah. to-do-pointnya elo aja mikir..
    ya udh ni udh gw blas thx yah ya gw juga dah buka wordpress lu anjir deh udh 1000on yoi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: